Iklan Billboard 970x250

Sering Belanja di Mall atau Toko? 5 Strategi Promosi Barang Ini Wajib Kamu Ketahui!!!

Iklan 728x90

Sering Belanja di Mall atau Toko? 5 Strategi Promosi Barang Ini Wajib Kamu Ketahui!!!


Bangmus.com | Saat ini semua orang tentunya pasti pernah berbelanja barang baik itu di mall ataupun di toko. Namun ketika berbelanja, sering kali kita selalu berlebihan dalam membeli suatu barang. Bahkan ketika kita ingin mencoba berhemat dalam berbelanja, ternyata masih sering tergoda untuk membelinya terus dan terus. Hal ini menyebabkan anda selalu kehabisan uang untuk kebutuan lainnya selain berbelanja tersebut.


Pernahkan anda mencoba mencari tahu kenapa itu bisa terjadi? Ternyata hal ini tidak terlepas dari strategi promosi barang yang dilakukan oleh penjual barang tersebut. Lalu strategi promosi seperti apa yang penjual selalu terapkan dalam penjualan tersebut? Kali ini bangmus akan memberitahu beberapa strategi promosi tersebut. Langsung saja, ini dia 5 strategi promosi tersebut!

1.    Mencoret Harga Barang
Strategi ini sering kita jumpai di beberapa tempat perbelanjaan di Indonesia baik itu di mall, toko ataupun di situs jual beli online. Pada umumnya, penjual akan menampilkan list harga tinggi kemudian dicoretnya. Lalu harga yang lebih murah akan ditampilkan dibawah harga tinggi yang telah dicoret tersebut. Hal ini seakan-akan penjual telah memberikan diskon besar-besaran dengan harga tersebut, sehingga bisa menarik minat dari pembeli. Namun hal ini patut di waspadai juga, belum tentu harga yang dicoret itu harga awal barang tersebut. Sering kali harga yang lebih murah tersebut adalah harga aslinya.

2.    Tulisan Harga yang Kecil
Metode promosi ini cukup ampuh dilakukan oleh penjual. Pada umumnya masyarakat di Indonesia ketika akan membeli suatu barang pastinya melihat model, kualitas, serta banyaknya barang tersebut. Jarang sekali melihat label harga yang tertera, ditambah lagi apabila tulisan harganya yang kecil. Hal ini menyebabkan harga jadi lupa dilihat oleh pembeli, sehingga ketika akan membayar di kasir pembeli merasa barang tersebut mahal. Dari pada malu mengembalikan barang, sudah pasti terpaksa membelinya. Jadi, bagi para pembeli sangat disarankan ketika akan membeli suatu barang jangan lupa mengecek harganya ya.

3.    Harga yang Tidak Dibulatkan
Metode promosi ini sering digunakan oleh penjual produk pakaian, makanan, handphone dan lain-lainnya. Hal ini didukung oleh penelitian bahwa harga produk yang tidak genap lebih rasional dibandingkan dengan harga yang bulat. Selain itu didukung oleh perilaku pembeli yang selalu melihat angka digit di depan dibandingkan melihat harga pembulatannya. Contohnya adalah promosi handphone, dimana harganya pasti tidak bulat seperti Rp. 2.999.900,- . Padahal hanya berjarak seratus rupiah mendekati harga 3 juta. Namun persepsi pembeli pasti melihat harganya Cuma 2 jutaan, nyatanya pembeli harus mengeluarkan uang sebesar 3 juta rupiah.

4.    Metode Pembayaran Selain Uang Tunai
Penjual yang sering menggunakan metode ini untuk meningkatkan penjualannya. Metode ini membuat seseorang selalu tergoda untuk terus menerus membeli suatu barang. Hal ini dikarenakan kepraktisan pembayaran seperti dengan kartu debit, kredit dan sebagainya tanpa harus repot membawa uang cash. Seseorang tidak akan peduli meskipun barang yang dibelinya tersebut harganya mahal. Dengan metode pembayaran ini sebenarnya membuat pembeli menjadi hilang kendali atas apa yang akan dibelinya. Solusi yang terbaik adalah selalu membawa uang cash sesuai dengan daftar belanja yang akan dibeli. Namun jika memang membeli barang dengan harga yang mahal menggunakan kartu kredit, jangan sampai kelebihan membeli ya.

5.    Diskon di Akhir Bulan
Anda pasti pernah melihat promosi penjualan dengan diskon di akhir bulan. Mengapa penjual melakukan promosi di akhir bulan? Kenapa tidak diawal bulan saja yang dimana anda mendapatkan gaji. Ternyata alasannya adalah karena kondisi keuangan anda di akhir bulan tidak sebaik di awal bulan. Uang anda sudah terlebih dahulu digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Sehingga, ketika anda melihat harga diskon tersebut serta ditawarkan dengan cara yang menarik, anda pasti akan membelinya dengan tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Anda pasti mengatakan lagi diskon nih, bulan depan belum tentu diskon lagi. Anda pasti tidak mau melewatkan kesempatan itu begitu saja terbuang percuma. Namun anda wajib waspada, solusi yang terbaik adalah rencanakan pengeluaran dari awal bulan sampai akhir bulan ya.

Bagaimana? Apakah anda sering melihat strategi promosi tersebut. Jika iya silakan share artikel ini dan semoga bermanfaat bagi semuanya.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post