Iklan Billboard 970x250

Tas Siaga Bencana, Tas Wajib Bagi Masyarakat Indonesia

Iklan 728x90

Tas Siaga Bencana, Tas Wajib Bagi Masyarakat Indonesia



Bangmus.com | Indonesia merupakan negara kepulauan besar di dunia yang terdiri dari 17 ribu pulau besar dan kecil. Letak negara indonesia sangat strategis, indonesia berada di kawasan asia tenggara dan merupakan negara yang berada di antara benua Asia dan Australia.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir ini, Indonesia sedang dilanda bencana. Mulai dari bencana banjir, longsor, gempa bumi hingga yang terbaru adalah bencana tsunami yang melanda selat sunda. Tsunami tersebut menyebabkan korban hingga ribuan orang yang tersebar di provinsi Banten dan Lampung.

Posisi geografis Indonesia sendiri termasuk kedalam jalur cincin api pasifik atau ring of fire. Jalur ini membentang dari aceh, pesisir barat sumatera, selatan jawa dan nusa tenggara hingga ke sulawesi dan maluku.

Ring of fire merupakan daerah yang sering dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Potensi gempa bumi dan gunung berapi tersebut menyebabkan terjadinya tsunami yang melanda Aceh, mentawai, Selat Sunda, Palu dan Donggala.

Bencana yang sering terjadi merupakan salah satu hal yang tidak bisa diprediksi oleh manusia secara akurat. Meskipun pihak pemerintah melalui BMKG dan badan lainnya yang dibentuk pemerintah telah menjalakan tugasnya dengan sebaik mungkin dalam hal pemberitahuan tentang bencana yang terjadi.

Hal yang bisa dilakukan oleh manusia adalah mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana yang akan terjadi. Lalu, bagaimana caranya? Melalui twitter resminya, @BNPB_Indonesia menjelaskan tentang tas siaga bencana melalui sebuah poster. 


Tas siaga bencana merupakan tas yang dipersiapkan oleh masyarakat sebagai antisipasi jika suatu saat terjadi bencana yang tidak diinginkan. Langsung saja, ini dia daftar barang yang harus ada dalam tas siaga bencana.

1.    Dokumen penting
Dokumen penting yang harus tersedia dalam tas siaga bencana bisa berupa fotokopian atau yang aslinya. Dokumen atau surat-surat penting meliputi KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, surat tanah, surat kendaraan, ijazah, surat nikah, buku rekening bank, rekam medis, polis asuransi, wasiat dan dokumen penting lainnya. Dokumen-dokumen ini sangat penting dikarenakan sebagai identitas diri dan dokumen untuk administrasi setelah terjadinya bencana serta untuk mengklaim asuransi.   

2.    Sandang untuk perbekalan 3 hari
Sandang yang harus dipersiapkan meliputi pakaian, pakaian dalam, selimut, handuk, jas hujan, celana panjang, dan lain-lainnya. Sandang ini harus dipersiapkan minimal untuk 3 hari. Selain itu, anda juga harus menyediakan terpal ringan yang bisa digunakan sebagai tempat berlindung maupun sebagai alas duduk. 


3.    Makanan dan minuman
Makanan yang harus dipersiapakan didalam tas siaga bencana yaitu makan ringan yang bisa tahan lama. Contohnya adalah mi instan, biskuit, cokelat, abon, makanan kaleng  yang mengandung energi dan lain-lainya. Selain makanan, anda juga harus menyediakan air minum yang bisa digunakan selama 3 hari. Anda bisa menggunakan botol minuman ataupun wadah air yang dapat dilipat.

4.    Kotak P3K
Kotak P3K yang harus dipersiapkan berisi obat-obatan pribadi dan obat-obatan umum lainnya. Obat-obatan pribadi wajib disediakan bila anda memiliki penyakit yang harus cepat ditangani.

5.    Radio atau ponsel
Peralatan ini sangat wajib disediakan berupa ponsel atau radio beserta baterai atau charger serta powerbank. Bagi masyarakat yang berada di daerah yang rawan terjadi tsunami, perlu dipersiapkan peralatan yang anti air. Radio atau ponsel ini berguna untuk memantau dan berguna untuk mencari kerabat keluarga ketika terjadi bencana.


6.    Perlengkapan mandi
Perlengkapan mandi yang harus disediakan terdiri dari sabun mandi, sikat gigi, odol gigi, sisir, cotton bud dan peralatan mandi lainnya.


7.    Masker
Masker berfungsi sebagai alat bantu pernafasan untuk menyaring udara kotor/tercemar setelah bencana terjadi.

8.    Peluit
Peluit sangat diperlukan di dalam tas siaga bencana. Peluit merupakan alat bantu untuk meminta pertolongan saat darurat seperti saat bencana terjadi. Jika anda pernah menonton film titanic, anda mungkin tahu seberapa pentingnya peluit ini.

9.    Uang
Anda harus menyisipkan sebagian uang di dalam tas siaga bencana. Uang tunai yang harus tersedia setidaknya bisa cukup untuk perbekalan anda selama tiga hari ketika bencana terjadi.

10. Alat bantu penerangan
Hal terakhir yang harus anda persiapkan adalah alat bantu penerangan. Contohnya adalah senter, lampu kepala (headlamp), korek api, lilin dan sebaginya. Alat ini bisa membantu penerangan ketika waktu malam hari.

Nah, itulah beberapa barang-barang atau perlengkapan yang harus anda persiapkan di dalam tas siaga bencana. Jangan lupa juga mempersiapkan tas siaga bencana yang bisa membawa barang tersebut dan harus tahan air tentunya. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa subscribe dan share kepada yang lainnya.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post