Iklan Billboard 970x250

10 Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Lolos Tahap Wawancara Kerja

Iklan 728x90

10 Hal yang Wajib Diperhatikan Agar Lolos Tahap Wawancara Kerja

Bangmus.com | Halo selamat datang di website bangmus.com. kali ini bangmus akan memberikan sedikit gambaran mengenai wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan satu tahap ingin masuk dalam dunia kerja. Biasanya tahap ini akan dilakukan saat sudah lolos tahapan administrasi.

Nah wawancara kerja menjadi penting, karena dalam tahap tersebut, para calon pekerja akan bertemu langsung dengan pihak pemberi kerja. Ujian interview adalah penentuan apakah diterima atau tidak.

Bagi para calon pekerja atau yang ingin mencari kerja, silakan perhatikan baik-baik ya artikel ini. tapi, jangan lupa subsricbe artikel ini agar kalian selalu mendapat update artikel terbaru dari bangmus.

1. Pahami Posisi Kerja

Tentu saja para pencari kerja telah memilih posisi kerja yang mereka inginkan, sesuai dengan kemampuan dan kemauannya. Tapi guys, adakalanya ni pemahaman terhadap posisi kerja yang kita mau bisa melenceng sedikit dari realitas kerja.

Nah untuk itu, ada baiknya mempelajari setiap hal yang berhubungan dengan posisi kerja tersebut. Pahami pengetahuan dan kemampuan apa yang harus dikuasai dan tugas apa yang akan diterima. Misalnya saat melamar menjadi editor video, kalian mesti memahami perangkat dan aplikasi apa yang kalian gunakan, proses pencarian materi dimana, istilah dalam dunia video editing itu apa saja, dan bagaimana pola kerja yang akan kalian jalani, serta bagaiamana standar operasi kerjanya. Hal ini akan memudahkan kalian menjawab pertanyaan seputar posisi yang kalian inginkan.
2. Ketahui Mengenai Perusahaan

Saat sudah memahami posisi kerja yang kalian inginkan, kalian juga harus mengetahui tentang perusaahaan tempat kalian akan bekerja nantinya. Apa yang kamu tahu tentang perusahaan kami? Hmmm, gak etis jika kalian kalian melamar ketempat yang kalian tidak ketahui.

Untuk itu lakukan riset dan investigasi mengenai profil perusahaan. Seperti sisi positif dan negatif dari perusahaan tersebut, prestasi serta kegagalan apa yang pernah dialami. Pengetahuan yang detail mengenai perusahaan bisa menjadi nilai plus buat kalian.

Hal ini menunjukkan jika kalian itu tidak asal-asalan nembak cv kemana-mana, dan itu berarti kalian
serius.

3. Ketahui Mengenai Pewawancara

Biasanya dalam undangan wawancara akan ada nama pewawancara yang disematkan. Kalian harus mencari tahu tentang mereka di internet dan teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Dan ketika tidak ada nama pewawancara yang ditulis, maka cari tahu saja pertanyaan apa yang akan sering dilontarkan.

Biasanya kalian akan ditanya mengenai diri kalian sendiri, skill dan profil pekerjaan yang pernah kalian jalani dan mengapa berhenti, berapa gaji yang kalian mau. Dan kalian akan ditanya baik-baik apakah ada pertanyaan yang ingin kalian ajukan.

Nah untuk tipe pewawancara, ada tipe bersahabat, ada interogator dan ada yang cuek-cuek saja, ada yang sibuk mengecek handphone dan dokumen, adapula yang mencoba sering bercanda dan adapula yang hanya mengajukan pertanyaan to the point. Bahkan adapula yang melakukan wawancara sendiri dan beramai-ramai. Seluruh tipe pewawancara harus kalian pahami agar dapat menjawab sesuai kondisi.

4. Siapkan Pertanyaan

Dalam wawancara biasanya akan ditutup dengan pertanyaan balik seperti yang bangmus telah disebutkan sebelumnya. Adakah pertanyaan yang ingin kalian ajukan? Nah untuk itu siapkanlah pertanyaan kalian. Jangan menjadi kelihatan cetek ya guys.

Siapkan pertanyaan yang sederhana yang menggambarkan bahwa kalian tertarik bergabung ke perusahaan tersebut. Atau tanyakanlah mengenai kendala apa yang kalian dapatkan dalam jobdesc  kalian agar kalian bisa mempelajarinya, sekalian siapkan jumlah gaji yang kalian mau, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak ya.

Yang paling bagus kalian jawab sesuai dengan upah minimum kota. Jangan coba-coba memberi jawaban abu-abu seperti “saya menerima berapapun”, kalian akan direndahkan oleh pewawancara.

5. Ketahui Etika Wawancara 

Belajarlah untuk mengatur intonasi suara. Belajar mengeluarkan sikap yang menyenangkan, tapi juga tidak berlebihan. Belajar menampilkan ekspresi yang pas untuk wawancara kerja. Jangan gagap dan terlalu banyak mikir apalagi terlalu sering mengeluarkan gumaman “hmmm”, “emmm” atau “hmm aduh pak”. Sikap ragu-ragu itu bukan merupakan sikap yang bagus dalam dunia kerja.

Kemudian soal sikap duduk yang bagus adalah tidak menyilangkan kaki, apalagi mengangkat kaki ke atas kursi. Duduk dengan dua kaki kebawah meja merupakan hal yang sudah bagus serta taruh tangan diatas pangkuan. Pelajari cara berjabat tangan, membuat senyum yang pas dan sapaan yang bagus. Jangan pamer diri, tapi juga jangan terlalu merendah diri. Biasa saja, sederhana itu pasti menarik.

6. Latihan Wawancara

Setelah persiapan matang, lakukanlah latihan menjawab pertanyaan dirumah kalian sendiri. Boleh ajak teman kalian untuk berperan sebagai pewawancara dari segala tipe, dan cobalah melakukan simulasi yang serius. Serta ajak lagi satu teman kalian yang mahir menilai proses simulasi wawancara kalian tadi. Lakukan dengan serius ya, jangan main-main. Anggaplah kalian memang sedang melakukan wawancara.

Simulasi bisa dilakukan berulang kali sampai mendapatkan penilaian terbagus. Catat kekurangan kalian dan kesalahan yang berulang kali kalian lakukan saat simulasi serta catat juga kelebihan kalian. Namun jika tidak ada teman kalian, lakukan sendiri di depan cermin. Lihat mimik muka kalian sendiri.

7. Persiapkan Outfit

Nah saat latihan wawancara sudah kalian lakukan, siapkanlah pakaian apa yang akan digunakan nantinya. Pilihlah pakaian yang sopan dan jangan seksi bagi kalian yang perempuan. Sesuaikan model pakaian sesuai perusahaan yang dituju.

Jika perusahaan yang kalian lamar bentuknya kantoran, gunakan pakaian formal. Gunakan sepatu yang cocok sesuai dengan pakaian kalian. Jika perusahaan kalian tidak terlalu formal, gunakanlah setelan kemeja santai dan yang paling penting adalah pakaian yang nyaman kalian pakai. Jangan menyiksa diri.

Sebaiknya seterika pakaian dimalam hari agar tidak terburu-buru esok harinya. Siapkan juga barang-barang lainnya seperti pulpen, catatan, snack yang bisa dimakan saat menunggu giliran wawancara. Serta yang paling penting bawa air minum. Jangan lupa juga cas handphone hingga full sebelum berangkat ya, serta siapkan berkas-berkas penting yang dibutuhkan perusahaan, dan sematkan portofolio jika perlu.
8. Rute Perjalanan

Kalian pasti sudah tahu alamat perusahaan yang akan kalian tuju. Tapi kalian juga butuh mengenai rute perjalanan kalian, dari rumah ke perusahaan tentunya. Ketahuilah pilihan Rute terdekat dan rute terjauh, rute tersibuk dan rute tersepi. Tentukan juga kendaraan apa yang akan kalian gunakan saat berangkat nantinya. Sangat bagus jika kalian punya motor dan mobil pribadi, jika tidak ketahuilah transportasi tercepat dan termurah.

Ojek atau taksi bisa menjadi pilihan terbaik. Sebaiknya jangan gunakan angkot, yang ditakuti adalah macet dan keterlambatan. Siapkan dana untuk transportasi dan taruh ditempat yang terpisah.

9. Perhatikan Waktu

Nah, yang paling penting adalah jangan sampai kalian terlambat. Terlambat dihari pertama wawanacara bisa menjadi catatan buruk bagi kalian. Perhatikan juga waktu ya guys, jangan begadang pada malam hari agar bisa bangun lebih awal. Siapkan semua jauh-jauh hari sebelumnya, sehingga di hari H sudah tidak ada lagi yang diurus. Berkas siap, kalian siap dan barang-barang yang lainnya pun sudah pada siap.

Mental dan pengetahuan pun, juga harus sudah siap ya. Sarapan yang tidak terlalu berat dan jangan lupa minum air yang banyak. Untuk sarapan jangan pilih sarapan yang bisa membuat perut kalian sakit. Kemudian setelah itu bersantai untuk tenangkan diri, sambil mengingat-ingat latihan yang telah kalian lakukan. Berangkatlah 20 sampai 30 menit sebelum waktu yang ditentukan.

10. Tenang

Saat sudah berada dilokasi, tenangkan diri ya guys. Jangan terlihat gemetaran, cari cara untuk  menenangkan diri. Dilokasi biasanya ada beberapa calon pekerja lainnya, saling sapa dan berkenalanlah. Bangun komunikasi singkat seputar lamaran kerja dan profil masing-masing. Ketika nama kalian dipanggil, melangkahlah dengan kepercayaan diri. Angkat kepala, namun jangan terlalu angkuh ya.

Jangan lupa terbar senyum, tapi jangan juga terlalu lebai dan beri sapaan terbaik kalian. Jika perlu makan permen, itu bisa membuat mulut lebih harum saat wawancara dan bisa menenangkan diri juga. Cari permen rasa buah jika ada ya. 

Nah itu tadi guys, 10 hal yang harus kalian perhatikan agar lolos tahapan wawancara. Untuk yang akan wawancara kerja, selamat mencoba tips dari bangmus ya. Serta jangan lupa untuk kalian yang sudah lulus tahapan ini untuk berbagi pengalaman di kolom komentar ya. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post