Iklan Billboard 970x250

6 Destinasi Wisata di Provinsi Riau

Iklan 728x90

6 Destinasi Wisata di Provinsi Riau

Riau merupakan provinsi yang berada di pulau sumatera dan berbatasan langsung dengan negara malaysia dan singapura. Provinsi riau terkenal dengan budaya melayunya, selain itu juga terkenal dengan berbagai tempat wisata. Slogan The Homeland of Malay menjadi simbol Provinsi Riau dalam mempromosikan tempat-tempat wisatanya.

Ada 63 daya tarik wisata yang sangat indah di riau. Wisata tersebut mulai dari wisata alam seperti Pulau Rupat hingga wisata budaya seperti Istana Siak. Potensi wisata di Provinsi Riau saat ini terus dikembangkan oleh pemerintah. Berikut ini penjelasan tempat wisata di Provinsi Riau.

1. Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura merupakan tempat tinggal terakhir Sultan Syarif Kasim II, salah satu sultan yang namanya banyak diabadikan sebagai nama jalan dan bahkan menjadi nama bandar udara di Pekanbaru. Istana ini merupakan tempat tinggal Kesultanan Siak sebelum menyerahkan kekuasaannya kepada Republik ini setelah Indonesia merdeka.

Istana Siak atau nama lengkapnya Istana Siak Asserayah Hasyimiah bangunannya terdiri dari unsur Arab dan Eropa walaupun merupakan kerajaan Melayu. Terletak di Kab. Siak yang berjarak sekitar 3 jam berkendara dari kota Pekanbaru.

Kompleks istana siak memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi. Istana siak saat ini sudah 126 tahun berdiri.

2. Pulau Rupat
Pantai Pulau Rupat
Pulau Rupat adalah pulau dengan total mencapai 1.524 km persegi yang terletak di Kabupaten Bengkalis, Riau. Lokasi pulau rupat berbatasan langsung dengan 2 negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura. Bibir pantai Pulau Rupat menghadap langsung ke selat Malaka.

Pulau rupat menawarkan pesona panorama pantai pasir putih yang masih alami dan asri. Terdapat beberapa pantai di Pulau Rupat, yakni Pantai Ketapang, Pantai Tanjung Punak, Pantai Lapin, Pantai Pesona Teluk Rhu, serta Pulau Beting Aceh yang pasirnya bisa berbisik ketika dijatuhkan.

Untuk menuju kelokasi ini bisa melalui jalur darat dari Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai yang berjarak 4 jam perjalanan. Kemudian melanjutkan perjalanan laut melalui penyeberangan Roro Dumai-Rupat yang menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Riau dan Jambi. Luas taman nasional ini adalah 143.143 hektar yang terdiri dari hutan hujan tropis. Taman nasional ini merupakan tempat spesies hewan seperti orang utan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, bdak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang terancam punah.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan tempat tinggal bagi orang rimba dan Suku Talang Mamak. Untuk menuju ke lokasi ini dapat ditempuh dari Kota Pekanbaru menuju Siberida (Indragiri Hulu) yang berjarak sekitar 285 km dengan waktu tempuh selama 4 jam. Selanjutnya anda dapat langsung menuju ke lokasi Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menggunakan kendaraan pribadi ataupun rental.

4. Sungai Kampar
Ombak Bono Sungai Kampar
Sungai kampar merupakan sungai yang berada di Sumatera. Sungai ini berhulu di Bukit Barisan sekitar Sumater Barat dan Bermuara di pesisir timur pulau Sumatera. Sungai ini merupakan pertemuan dua sungai yang hampir sama besar, yakni Kampar Kanan dan Kampar Kiri.

Sungai ini dikenal dengan ombak bono nya, yaitu gelombang setinggi 4 meter yang diakibatkan oleh pertemuan air laut dan air sungai. Ombak bono biasanya terjadi saat air pasang, sehingga air yang berasal dari sungai tertekan oleh air laut. Ditambah lagi dengan dangkalnya muara yang mengakibatkan gelombang yang tercipta semakin tinggi.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba berselancar di Ombak Bono di Sungai Kampar, bisa melalui jalur darat dari Kota Pekanbaru ke Tembilahan (Indragiri Hilir). Perjalanan ini menghabiskan waktu selama 7 jam perjalanan.

5. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus
Candi muara takus terletak di Kabupaten Kampar, berjarak 3 jam dari Kota Pekanbaru. Candi Muara Takus merupakan kompleks situs candi Buddha yang terdiri dari beberapa bangunan candi. Candi ini merupakan satu-satunya situs peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.

Bagunan utama di kompleks candi adalah sebuat stupa besar yang berbentuk menara yang terbuat dari batu bata dan pasir kuning. Di dalam situs candi ini terdapat beberapa bagunan candi, yakni Candi Tua, Candi Bungsu, Stupa Mahligai serta Palangka.

6. Tasik Putri Pepuyu
Tasik Putri Pepuyu
Tasik Putri Pepuyu merupakan kawasan ditengah hutan lindung di Pulau Pedang. Lokasi ini berada di sebalah barat Pulau Bengkalis. Tasik Putri Pepuyu ini merupakan tempat legenda kisah cinta Raja Terubuk dan Putri Pepuyu yang tidak kesampaian.

Ditengah Tasik Putri Pepuyu terdapat pulau dengan nama Pulau Beranyut. Konon ceritanya, letak pulau ini bisa berpindah-pindah (berhanyut).

Anda bisa mengunjungi pulau ini dari Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Pulau Bengkalis. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan laut menggunakan speedboat. Ada beberapa pintu masuk pulau ini, yakni Desa Tanjung Padang, Pantai bagian timur Pulau Padang dan Desa Dakal.

3 Jalur Menuju Provinsi Riau
Nah, bagi wistawan yang belum memiliki rencana berlibur? Wisata di Riau cocok untuk anda coba. Bagi anda yang ingin ke Provinsi Riau, ada 3 jalur yang bisa anda coba.

1. Jalur Udara

Melalui jalur udara ke provinsi riau, anda akan disambut dengan sangat ramah oleh masyarakat riau ketika anda tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Bandara ini melayani 15 rute penerbangan domestik dan internasional. Kapasitas bandara akan dikembangkan dari sekarang yang berkapasita 4 juta penumpang/tahun me/njadi 8 juta penumpang/tahun.

2. Jalur Laut
Bagi anda yang tinggal di kepulauan riau, anda bisa melalui jalur laut untuk sampai ke provinsi riau. Ada 2 pelabuhan di pesisir riau, yakni pelabuhan dumai dan bengkalis. Pelabuhan dumai termasuk salah satu dari tiga rute prioritas ASEAN Roro Connectivity. Pelabuhan ini menjadi tempat singgah kapal-kapal dalam negeri maupun luar negeri.

3. Jalur Darat
Saat ini terdapat terminal AKAP Payung Sekaki yang melayani rute lintas Sumatera dan Pulau Jawa yang terletak di Kota Pekanbaru. Selain itu apabila jalur tol trans sumater yang sedang dibangun pemerintah cepat selesai, waktu tempuh akan lebih cepat tentunya. Ada 2 jalur tol yang sedang dikerjakan oleh pemerintah, yakni tol Padang-Pekanbaru dan Pekanbaru Dumai.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post