Iklan Billboard 970x250

Sekretaris Pria dan Keuntungan Bekerja Sebagai Sekretaris

Iklan 728x90

Sekretaris Pria dan Keuntungan Bekerja Sebagai Sekretaris

A. Sekretaris Pria

Jabatan sebagai sekretaris tidak mutlak untuk kaum wanita, walaupun dalam keseharian terlihat mayoritas posisi sekretaris diisi wanita. Untuk organisasi atau perusahaan tertentu lebih cenderung memilih sekretaris pria, seperti perusahaan pertambangan, perkebunan, pengangkutan, mesin dan alat-alat berat seperti kantor pemerintah.

Adapun alasan perusahaan/organisasi tertentu memilih sekretaris pria adalah:
1. Pimpinan sering ke luar kota sehingga lebih tepat didampingi sekretaris pria.
2. Sekretaris sering ditugaskan ke luar kota.
3. Mayoritas karyawannya pria sehingga lebih cocok dan aman apabila sekretarisnya pria.
4. Aktivitas pimpinan seringkali berlangsung hingga larut malam
5. Pria lebih memakai rasio dibandingkan dengan wanita yang lebih mengutamakan emosi.

Kebanyakan kaum pria berambisi meniti karier ke puncak (top executive), sehingga mereka sering kali menjadikan posisi sekretarisnya sebagai ajang latihan untuk belajar menjadi pemimpin. Karena kedekatan posisinya dengan pimpinan memungkinkan ia menimba berbagai macam pengetahuan, seperti memanage bawahan, problem solving dan decisions making. Bagi pimpinan yang memperhatikan jenjang karier, cenderung untuk menawarkan lowongan jabatan yang lebih tinggi kepada sekretarisnya, karena:

1. Sudah mengenal kemampuan, sifat dan kepribadiannya
2. Sudah mengetahui prosedur kerja, budaya dan seluk beluk perusahaan itu.
3. Akan meningkatkan semangat kerja karyawan yang lain, karena promosi jabatan diisi karyawan karier, bukan orang dari luar.

B. Keuntungan Bekerja Sebagai Sekretaris

Posisi sekretaris sebagai pembantu pimpinan ternyata memberikan banyak manfaat untuk sekretaris. la dapat belajar banyak dari pimpinannya tentang gaya kepemimpinan, gaya manajemen, cara mengelola bisnis dan berbagai hal lain. Hal ini sangat menguntungkan sekretaris yang mau maju dan berkembang. Beberapa
keuntungan menjadi sekretaris:

1. Keanekaragaman tugas
Pekerjaan sekretaris sangat bervariasi, seperti mengetik, menyiapkan laporan atau mengorganisir suatu event penting sampai menjadi "duta" bagi organisasi / perusahaannya. Karena demikian banyak ragam pekerjaannya membuat pekerjaan sekretaris tidak membosankan.

2. Penghasilan memadai
Umumnya seorang sekretaris mendapatkan gaji yang cukup menarik dibandingkan dengan profesi lain.

3. Promosi
Posisi sekretaris tidak pemah berakhir. Banyak sekretaris handal yang berhasil meraih posisi menjadi manager, semua ini berkat kedekatan tugas sekretaris dengan pimpinannya sehingga ia dapat menimba ilmu dan pengalaman dari pimpinannya. Pimpinan yang sudah mengetahui ketangkasan sekretarisnya tentu akan mendelegasikan wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas bersifat manajerial kepada sekretarisnya, dengan catatan sekretaris mampu melaksanakannya. Seringkali seorang sekretaris bertindak sebagai supervisor dan mengatur pekerjaan orang lain.

4. Pentingnya peranan sekretaris
Sekretaris turut memberi andil bagi keberhasilan tugas pimpinan dan organisasi secara keseluruhan sehingga akan mendapatkan kepuasaan dalam bekerja.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post